Wednesday, June 17, 2009

NASEHAT PERTAMA & MUKADDIMAH

WAHAI ANAKKU TERCINTA
Diterjemahkan dari Kitab Ayyuhal Walad.
(Syeikh Hujjatul Islam Al Ghazali)
Oleh: Ahmad Wasim

MUKADDIMAH

BISMILLAHIRROHMAANIRROHIIM
Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Akibat baik hanya untuk orang-orang yang bertaqwa. Shalawat dan salam bagi Nabi-Nya Muhammad SAW, keluarganya semua. Amin

Ketahuilah bahwa salah satu dari murid / santri dulu yang biasa berhidmat kepada Syekh Zainuddin Hujjatul Islam Abu Hamid Muhammad Al Ghazali, Mudah-mudahan Allah membersihkan ruhnya, sibuk belajar dan membaca ilmu sampai memperoleh sangat banyak ilmu, dan mendapatkan kesempurnaan jiwa. Kemudian, suatu ketika ia berfikir, dan terbersit dalam hatinya dan berkata:

“Sesungguhnya aku telah membaca bermacam-macam ilmu (pengetahuan) dan menghabiskan sebagian umurku untuk mempelajari dan mengkodifikasikannya, sekarang saatnya bagiku untuk mengetahui yang mana yang akan bermanfaat bagiku suatu hari nanti dan menemaniku dalam kuburanku kelak, dan mana yang tidak bermanfaat bagiku dan akan aku tinggalkan, seperti sabda Rasulullah SAW: “Ya Allah Aku berlindung kepadamu dari ilmu yang tidak bermanfaat”.

Fikiran ini terus terngiang dalam hatiku sampai aku menulis surat kepada syaikh Hujjatul Islam Muhammad Al Ghazali, semoga Allah merahmati beliau, (yang isinya) meminta fatwa dan menanyakan beberapa masalah, memohon nasehat dan doa. Surat itu berisi: Walaupun karangan-karangan Syeikh seperti Ihya Ulumuddin dan lain-lainnya terdapat jawaban atas persoalan-persoalanku, tetapi maksudku adalah semoga Syeikh berkenan untuk menuliskannya dalam lembaran kertas yang akan mengiringiku selama hidupku, dan mengamalkan yang ada didalamnya selama umurku, insya Allah.

Kemudian Syeikh menuliskan Risalah ini sebagai jawabannya. Wallahu A’lam.

***


Ketahuilah, Wahai Anakku yang tercinta dan terhormat –semoga Allah memanjangkan umurmu dalam taat kepada-Nya, dan menuntun mu ke jalan para kekasih (yang dicintai)-Nya-- sesungguhnya banyak nasehat telah tertulis dalam banyak buku-buku (risalah). Seandainya salah satunya telah sampai kepadamu, maka tidak perlu lagi engkau atas nasehatku. Dan seandainya belum sampai kepadamu, aku hanya ingin berkata: “Apa yang anda dapatkan di tahun-tahun yang telah lalu?”


NASEHAT PERTAMA

Wahai Anakku Yang Tercinta, Dari sekian banyak nasehat yang Rasulullah SAW nasehatkan kepada umatnya adalah sabdanya:

“Tanda-tanda Allah berpaling dari seorang hamba adalah ketika hamba itu sibuk dengan sesuatu yang tidak bermanfaat baginya. Apabila seseorang menyia-nyiakan umurnya sesaat saja kepada sesuatu yang bukan ibadah, maka pantaslah baginya memperpanjang kesedihannya, dan barang siapa telah melewati umur 40 tahun dan kebaikannya tidak mengalahkan keburukannya maka bersiap-siaplah masuk api neraka”.

Dan nasehat ini cukup (di mengerti) bagi orang-orang yang berilmu (pengetahuan).




.
-----
AYYUHAL WALAD
Oleh : Syaikh Muhammad bin Muhammad Al Ghazali
Diterjemahkan Oleh: Ahmad Wasim

Artikel Terkait

5 comments:

ulin nuha said...

nasehat bagus nih wakakak

AHMAD WASIM said...

hehe.. ;)

AHMAD WASIM said...

Yang bener serem kali yeeee...

lulussutopo said...

nasehat yang Bagus Dan Bijak,..
Salam kenal and mampir ya,...

AHMAD WASIM said...

makasih mas lulus.. aq udah mampir tuh,, hehe.. Keren Blognya mas..

 
;