Tuesday, April 21, 2009

Biography Martin Luther King, Jr.

Martin Luther King, Jr,
(15 Januari 1929-April 4, 1968)


Diterjemahkan dari: Biography Martin Luther King, Jr.
Oleh : Ahmad Wasim


Martin Luther King, Jr, (15 Januari 1929-April 4, 1968) dilahirkan Michael Luther King, Jr, tetapi kemudian namanya telah diubah menjadi Martin. Kakek-Nya mulai dari keluarga panjang masa jabatan sebagai gembala dari Gereja Baptis ebenezer di Atlanta, melayani 1914-1931; ayahnya menjabat dari kemudian sampai saat ini, dan dari 1960 hingga kematiannya Martin Luther bertindak sebagai co-pastor. Martin Luther dihadiri memencil sekolah umum di Georgia, lulus SMA pada usia lima belas, ia menerima gelar BA pada 1948 dari Morehouse College, sebuah lembaga terhormat Negro dari Atlanta yang baik dari ayahnya dan kakek telah lulus. Setelah tiga tahun belajar di Crozer teologi teologi Seminar di Pennsylvania di mana ia terpilih presiden yang dominan putih senior kelas, dia yang diberikan BD di 1951.

Persekutuan dengan memenangkan di Crozer, dia terdaftar di lulus studi di Boston University, ia menyelesaikan kependudukan untuk doktor di 1953 dan menerima gelar di tahun 1955. Dalam Boston dia bertemu dan menikah Coretta Scott, perempuan muda yang jarang intelektual dan artistik attainments. Dua anak laki-laki dan dua anak perempuan dilahirkan ke dalam keluarga.

Dalam 1954, Martin Luther King menjadi pendeta di Gereja Baptis Dexter Avenue di Montgomery, Alabama. Selalu yang kuat untuk pekerja hak-hak sipil untuk anggota nya ras, Raja itu, saat ini, anggota komite eksekutif dari Asosiasi Nasional untuk kemajuan yang berwarna Teman, sebagai pemimpin dari organisasi sejenis di Indonesia. Dia telah siap, maka pada awal Desember, 1955, untuk menerima kepemimpinan yang besar pertama Negro nonviolent demonstrasi kontemporer kali di Amerika Serikat, boikot bis dijelaskan oleh Gunnar Jahn dalam presentasi dalam sambutannya kehormatan dari hadiah. Boikot yang berlangsung 382 hari. Pada tanggal 21 Desember 1956, setelah Mahkamah Agung Amerika Serikat telah dinyatakan inkonstitusionil hukum memerlukan pemisahan di bis, dan Negroes whites rode the buses sebagai sama. Selama ini hari boikot, Raja telah ditangkap, rumahnya telah bombed, dia subyek pribadi penyalahgunaan, tetapi pada saat yang sama ia muncul sebagai pemimpin Negro peringkat pertama.

Dalam 1957 ia terpilih presiden dari Southern Christian Leadership Conference, sebuah organisasi yang dibentuk untuk memberikan kepemimpinan baru untuk sekarang burgeoning gerakan hak-hak sipil. Cita-cita yang selama ini ia ambil dari organisasi Kekristenan; dan teknik operasional dari Gandhi. Di sebelas tahun periode antara tahun 1957 dan 1968, Raja bepergian selama enam juta mil dan berbicara lebih dari lima ratus dua puluh kali, muncul di mana saja ada ketidakadilan, protes, dan tindakan; dan sementara ia menulis lima buku serta berbagai artikel. Dalam tahun ini, dia memimpin sebuah protes besar-besaran di Birmingham, Alabama, yang tertangkap perhatian dari seluruh dunia, memberikan apa yang disebut koalisi dari hati nurani. dan inspirasi nya "Surat dari Birmingham penjara", sebuah manifesto dari Negro revolusi, ia direncanakan pada drive di Alabama untuk pendaftaran Negroes sebagai pemilih; ia damai yang diarahkan pada Maret Washington, DC, dari 250.000 orang untuk disampaikan kepada siapa dia alamat, "l Have a Dream", he conferred dengan Presiden John F. Kennedy dan campaigned untuk Presiden Lyndon B. Johnson; dia ditangkap dari dua puluh kali ke atas dan assaulted sedikitnya empat kali, ia telah diberikan lima gelar kehormatan; bernama Man of the Year oleh majalah Time pada tahun 1963, dan menjadi tidak hanya simbolis pemimpin Amerika black tetapi juga dunia gambar.

Pada usia tiga puluh lima, Martin Luther King, Jr, adalah untuk laki-laki muda telah menerima Nobel Peace Prize. Ketika diberitahu kepada pilihan, ia mengumumkan bahwa ia akan menghidupkan hadiah uang sebesar $ 54.123 dengan pemajuan hak-hak sipil dari gerakan. Pada malam 4 April 1968, sambil berdiri di balkon nya kamar motel di Memphis, Tennessee, di mana dia memimpin sebuah protes di Mar simpati dengan mengesankan pekerja sampah kota itu, dia assassinated (dibunuh).

Artikel Terkait

No comments:

 
;