Tuesday, April 21, 2009

Historic Figures : Trotsky

Leon Trotsky (1879 - 1940)

Diterjemahkan dari : Historic Figures
Oleh : Ahmad Wasim


Leon Trotsky, ketua Red Army, 1920

Trotsky adalah tokoh kunci dalam perebutan kekuasaan Bolshevik di Rusia, orang kedua setelah Lenin dalam tahap awal dari kekuasaan komunis Uni Soviet. Bagaimanapun, ia kehilangan Stalin dalam perjuangan kekuasaan yang diikuti kematian Lenin, dan assassinated ketika sedang di pengasingan.

Trotsky lahir Lev Davidovich Bronstein pada 7 November 1879 di Yanovka, Ukraina, bagian dari Rusia. Ayahnya adalah seorang petani Yahudi makmur. Trotsky terlibat dalam kegiatan bawah tanah sejak dia remaja. Dia segera ditangkap, yg dipenjarakan dan diasingkan ke Siberia di mana ia bergabung dengan Partai Sosial Demokrat. Akhirnya, dia melarikan diri dan menghabiskan sebagian besar dari 15 tahun berikutnya di luar negeri, termasuk beristirahat di London.

Dalam 1903 Sosial Demokrat terpecah. Sedangkan Lenin dianggap kepemimpinan dari fraksi Bolshevik, Trotsky menjadi Menshevik dan dikembangkan kepada teori 'revolusi permanen'. Setelah kejadian dari revolusi di Petrograd pada Februari 1917, ia kembali ke jalan-Nya Rusia. Walaupun sebelumnya berbeda pendapat dengan Lenin, Trotsky bergabung dengan Bolsheviks dan berperan penting dalam menentukan komunis ambil alih kekuasaan tahun yang sama. Posting yang pertama dalam pemerintah baru itu sebagai komisaris asing, di mana ia menemukan dirinya istilah negosiasi perdamaian dengan Jerman. Dia kemudian mengembalikan perang dan komisaris dalam kapasitas ini, dibangun atas Red Army yang menang melawan pasukan Putih di Civil War. Oleh karena itu Trotsky memainkan peranan penting dalam mempertahankan rezim Bolshevik hidup. Ia melihat dirinya sebagai Lenin mewarisi nyata tetapi ia intelektual arrogance dibuat beberapa teman-teman dia, dan Yahudi memiliki latar belakang juga dapat bekerja terhadap dia. Ketika Lenin jatuh sakit dan meninggal, Trotsky adalah mudah outmanoeuvred oleh Stalin. Pada tahun 1927 itu, ia dilemparkan dari partai. Internal dan kemudian diikuti orang buangan asing tetapi Trotsky terus menulis dan criticise Stalin.

Dalam 1936, Trotsky menetap di Meksiko. Pada tanggal 20 Agustus 1940 Ramon Mercader, yang bertindak atas pesanan Stalin, metikam Trotsky dengan es pick (potongan es pent.). Dia mati pada hari berikutnya.

Artikel Terkait

No comments:

 
;