Wednesday, July 14, 2010

NASEHAT KEEMPAT

DUHAI ANAKKU TERSAYANG, Sesuatu yang tidak engkau kerjakan tidak akan mendapatkan pahala. Di ceritakan bahwa seorang laki-laki dari bani Israil telah mengabdi kepada Allah SWT. Selama tujuh puluh tahun. Kemudian Allah melemparkan orang itu kepada Malaikat. Kemudian Allah mengutus malaikat-malaikat yang memberikan kabar bahwa orang itu, dengan ibadah-ibadah yang telah dilakukannya itu, tidak pantas untuk masuk syurga. Ketika didatangi malaikat sang hamba berkata: “Kami di ciptakan untuk beribadah, maka sudah seharusnya bagi kami untuk beribadah kepada-Nya”. Ketika malaikat-malaikat itu kembali, mereka berkonsultasi kepada Allah: “Tuhanku engkau lebih tahu dengan apa yang dia katakan”. Kemudian Allah berfirman : “Ketika dia tidak pernah berpaling dari beribadah kepada-Ku maka kami dengan kemurahan hati tidak akan berpaling darinya. Saksikanlah wahai para malaikatku sesungguhnya aku telah mengampuninya”.

Rasulullah SAW bersabda: “Hisablah dirimu sebelum kalian dihisab, dan timbanglah amalmu sebelum kalian di timbang”.

Ali KW berkata: "Barang siapa yang mengira tanpa dengan bersungguh-sungguh (beramal/juhd) akan masuk syurga maka ssungguhnya ia sedang berkhayal (tidak realistis), dan barang siapa yang mengira mengganti bersungguh-sungguh (beramal/juhd) dengan yang lain akan masuk syurga, maka sesungguhnya ia sedang sombong (cepat puas)".

Hasan ra berkata : “Menuntut syurga tanpa beramal adalah sebuah dosa diantara dosa-dosa”. Dia juga berkata: “Ciri hakikat adalah tidak mempersoalkan amal bukan meninggalkan-nya”.

Rasulullah SAW bersabda : “Orang yang pandai adalah orang yang merendahkan dirinya dan beramal untuk bekal setelah mati, (sedangkan) orang yang bodoh adalah orang yang mengikuti hawa nafsunya tapi mengharapkan keamanan kepada Allah SWT".

***

.
-----
AYYUHAL WALAD
Oleh : Syaikh Muhammad bin Muhammad Al Ghazali
Diterjemahkan Oleh: Ahmad Wasim



Sebaiknya anda juga membaca ini :
NASEHAT PERTAMA (Klik disini),
NASEHAT KEDUA (Klik disini),
NASEHAT KETIGA (Klik disini).

Artikel Terkait

2 comments:

a-One Jambi said...

keren salam kenal sobat,,,,

dicky-dyg said...

mantab guys ...

mampir balik yah

 
;