Wednesday, December 21, 2011

NASEHAT KESEMBILAN

Wahai Anakku Tercinta, Jadilah orang yang semangat (memperbaiki/ dominan) dalam masalah ruhani dan melemahkan dalam nafsu, dan mati dalam hal jasmani, karena tempatmu adalan kuburan. Dan ahli kubur menunggumu setiap saat, kapan engkau sampai ke (menyusul) mereka. Berhati-hatilah jangan sampai masuk ke (menyusul) mereka tanpa (diikuti) dengan (cukup) bekal.

Abu Bakar Shiddiq berkata: Jasad ini adalah sangkar burung dan kandang (binatang) ternak, maka berfikirlah dalam jiwamu, dari manakah kamu (berasal dari keduanya itu)? Apabila engkau berasal dari burung-burung syurgawi yang tinggi, maka ketika mendengar suara (bel) IRJI’I ILA RABBIKI engkau akan terbang dengan mulus sampai mencapai gerbang syurga tertinggi, seperti sabda Rasulullah SAW: 'Arsy Ar Raman bergetar ketika, disebabkan oleh meninggalnya said bin Muadz'.

Dan naudzubillah, ketika engkau berasal dari hewan-hewan ternak seperti firman Allah SWT: ULAIKA KAL AN’AMI BAL HUM ADHOLL (Mereka seperti hewan ternak dan lebih buruk lagi), maka kepindahanmu tidak menguntungkanmu dari rumah yang sempit menuju kepada kecuraman api neraka.

Diceritakan bahwa Hasan Al Bashri ra. Di beri minuman dari air yang sejuk, maka dia ambil gelas dan kemudian pingsan dan terjatuhlah gelas itu dari tangannya. Ketika sadar, beliau ditanya: Kenapa ya Aba Said? Beliau menjawab: Aku teringat permohonan ahli neraka ketika mereka memohon kepada ahli syurga: AN AFIDUU ALAINA MINAL MA I AW MIMMA RAZAQAKUMULLAH (Berikan kepada kami air atau apa yang telah Allah berikan /rizkikan kepada kalian).
.
.
-----
AYYUHAL WALAD
Oleh : Syaikh Muhammad bin Muhammad Al Ghazali
Diterjemahkan Oleh: Ahmad Wasim

Artikel Terkait

No comments:

 
;