Monday, February 9, 2009

Aksi adalah Kontemplasi Tertinggi


AKSI ADALAH KONTEMPLASI TERTINGI!




PUISI TUK DIAN

By. Ahmad Wasim


Aku hijau, tapi aku mengerti merah

Aku kanan, tapi aku tertarik dengan kiri

Aku bumi, tapi tujuan akhirku adalah langit

Aku disini, tapi aku paham apa yang ada disana

Aku diam, tapi sayap pikiranku selalu membawaku terbang liar tanpa batas, ruang dan waktu tak dapat menghalangi aku

Tuhan, maafkan aku, aku takut berjalan tanpa-Mu

(Written, 2004)




ESENSI TRANSENDEN

(Jalaluddin Rumi)


Mataharuku, bulanku, pandanganku, pendengaranku telah tiba

Perakku sendiri membentuk tambang, tambang emasku telah tiba

Kepalaku yang teracuni, cahaya kedua mataku telah tiba

Andaikan engkau berharap yang “sama sekali berbeda”,

yang “sama sekali berbeda”-ku telah tiba.




KARL MARX


“The philosopher have only interpreted the world, in various ways,

the point, however, is to change it”. (Karl Marx).




CITA KITA SELALU

By. Ahmad Wasim


Dulu aku punya standar yang tinggi tentang “mencintai”

Dulu aku punya ukuran yang agung tentang “menyayangi”

Tentang betapa seseorang bisa menjadi ‘syahid’ hanya dengan menahan rindunya pada kekasihnya

Tentang bagaimana mereka berdua akan mendapatkan naungann-Nya, kala tidak ada naungan pada hari itu

Sedang sang mentari yang 7 tepat berada di ubun-ubun kita

Wahai kekasih, kuingin keagungan itu kan jadi “cita kita selalu”.




CONFUCIUS


Saat 15 tahun: Aku putuskan untuk belajar

40 tahun: Aku tahu apa yang harus aku lakukan

60 tahu: Aku tunduk pada kebanaran dan keadilan

70 tahun: Aku dapat mensinergikan keinginan

dengan kebenaran dan keadilan (Confucius)




M. IQBAL


Teguhkan jalinan egomu

Dan genggam erat wujudmu yang alit!

Berapa hebat memancarkan ego kita

Dan menguji cahayanya ditentang surya!

Sebab wujud demikian adalah wujud nyata;

Bila tidak, egomu hanyalah sekedar rangkaian asap!

(M. Iqbal/ Javed Namah)




METAFISIKA

(inspired by the reconstruction of religious thought in islam)

By. Ahmad Wasim


Jangan biarkan “ego” mu hanya sebatas E=MC2 nya Einstein,

“Ego” mu harus beranjak jauh kepada konsep metafisikanya pilosof

Sebab E=MC2 nya Einstein…

Walau ia memberi banyak inspirasi bagi kreatifitas berfikir umat di Asia dan Afrika

Namun …

Tetap tidak beranjak dari “atomisme” dan “organisme” adalah fakta!

(Written, 2004)




AKSI ADALAH

KONTEMPLASI TERTINGI!

By. Ahmad Wasim


Banyak ‘Alim…

Banyak ‘Ulama…

Banyak Cendekiawan…


Banyak diantaranya lupa…

Banyak diantaranya tidak tahu…

Banyak diantaranya perlu disadarkan…


Bahwa Islam berintikan Ihsan…

Bahwa Iman berintikan Ihsan…

Bahwa agama berintikan Ihsan…


Bergerak…

Dinamis…

Pintu ijtihad masih terbentang…


Dulu kita berkata:

“Saya diam maka saya selamat”

Maka sekarang, marilah kita berkata:

“Saya bergerak maka saya selamat!”

Karena…

“Diam terbaring belum manjadi”

Dan…

“Beriak berarti menjadi!”


Kini, sadarlah!

“Aksi adalah kontemplasi tertingi!”

(Written: 2004)

Artikel Terkait

No comments:

 
;