Friday, March 23, 2012

NASEHAT KELIMA BELAS

NASEHAT KELIMA BELAS

Wahai Anakku, Sebagian dari masalahmu adalah dari kategori ini. Adapun sebagian lagi yang dapat dijawab telah kami tulis dalam Ihya Ulumuddin dan lain-lain. Kami sebutkan disini sebagian dan Kami isyaratkan dengan :

Telah disyaratkan kepada salik (orang yang menuntut ilmu thariqat) empat hal:

Pertama : Niat yang benar tidak tercampur dengan bid’ah.

Kedua : Taubat Nasuha seteah itu tidak akan kembali lagi kepada kesalahan-
kesalahan

Ketiga : Meminta ridlo dan menyelesaikan permusuhan sampai tidak ada lagi hak
orang lain yang terampas oleh mu.

Keempat : Tuntulah ilmu syari’at sebatas untuk dapat melaksanakan perintah Allah SWT. Kemudian ilmu-ilmu akhirat yang akan membawa keselamatan.

Diriwayatkan bahwa Syibly ra. Telah belajar kepada empat ratus guru. Dan dia berkata: Aku telah membaca empat ribu hadits, kemudian aku memilih hanya satu hadits saja dan mengamalkannya, dan aku singkirkan yang lainnya selain itu, karena aku mendapatkan keselamatan dan sukses ku dalam hadits itu. Ilmu yang awal dan akhir semuanya terangkum di dalamnya dan aku cukup dengannya. Hadits itu adalah bahwa Rasulullah SAW bersabda kepada sebagian sahabatnya: Beramallah untuk duniamu sekedar hidupmu didalamnya, dan beramallah kamu untuk akhiratmu sekedar engkau kekal didalamnya, dan beramallah untuk Allah sekedar kamu butuh (sebutuh kamu) kepada-Nya, dan beramallah kamu untuk neraka sekedar kamu sabar (sekuat kamu disiksa) didalamnya.





.
-----
AYYUHAL WALAD
Oleh : Syaikh Muhammad bin Muhammad Al Ghazali
Diterjemahkan Oleh: Ahmad Wasim

Artikel Terkait

No comments:

 
;