Thursday, June 8, 2017

Nashaaihul Ibaad (2): Pendahuluan

PENDAHULUAN


بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْمِ 

Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang


اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِىْ جَعَلَ اْلعِلْمَ اَرْفَعَ الصِّفَاتِ اْلكَمَالِيَّةِ .

Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan ilmu dengan sifat yang paling tinggi dan sempurna.


وَاَشْهَدُ اَنْ لَآ اِلَهَ اِلَّااللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ .

Aku bersaksi sesungguhnya tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tiada sekutu baginya .


اَلَّذِىْ خَصَّ مَنْ شَآءَ مِنْ عِبَادِهِ بِالْمَآثِرِالْحُكْمِيَّةِ .

Yang telah mengistimewakan orang yang Ia kehendaki dari hamba-hambaNya dengan hadits Atsar-Nya yang mengandung hukum .


وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ خَصَّةُ اللهُ تَعَالَى بِجَمِيْعِ كَمَالَاتِ الْعُبُوْدِيَّةِ .

Dan aku bersaksi, sesungguhnya Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya yang telah  Allah istimewakan dengan seluruh kesempurnaan dalam ibadah .


وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدِ اِلَّذِىْ مَلَأَ اللهُ تَعَالَى قَلْبِهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ جَلَالِهِ اْلأَعْلَى جَلَّ وَعَلَا .

Semoga Allah menambah rahmat kepada junjungan kita, Nabi Muhammad, yang telah Allah Ta`ala penuhi hatinya dengan keagungan yang Maha Tinggi, Maha Agung, dan Maha Luhur .


وَعَيَّنَهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ جَمَالِهِ اْلأَسْنَى فَصَارَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَسْرُوْرًا مَنْصُوْرًا .

Pribadi Nabi SAW. Diliputi keindahan (jasmani dan rohani) maka jadilah ia seorang yang disenangi dan selalu mendapat pertolongan . 


وَعَلَى آلِهِ وَاصْحَابِهِ وَالسَّا لِكِيْنَ عَلَى نَهْجِهِ فَنَالُوْا خَيْرًا وَافِرًا .

Dan kepada keluarganya, sahabatnya, dan orang-orang yang mengikuti jalannya kebaikan yang banyak .


اَمَّابَعْدُ : فَيَقُوْلُ الْمُرْتَجِىْ غَفْرَ الْمَسَاوِىْ مُحَمَّدُ نَوَوِى بْنُ عُمَرُالْجَاوِىْ .

Sesudah membaca basmalah, tahmid, dan salawat maka berkatalah orang yang mengharap ampunan Allah dari keburukan, yaitu Muhammad Nawawi bin Umar orang Jawa (Banten) .


هَذَا شَرْحٌ وَضَعْتُهُ عَلَى الْكِتَابِ الْمُشْتَمِلِ عَلَى الْمَوَاعِظِ لِلْعَلَّامَةِ اَلْحَافِظِ الشَّيْخِ شِهَابِ الدِّيْنِ اَحْمَدَابْنِ عَلِىِّ بْنِ مُحَمَّدِ ابْنِ اَحْمَدَ الشَّافِعِىِّ الشَّهِيْرِبِابْنِ حَجَرٍ الْعَسْقَلَانِى ثُمَّ الْمِصْرِىْ تَغَمَّدَهُ اللهُ تَعَالَى بِرَحْمَتِهِ آمِيْنِ .

Ini (orang yang dibahas) adalah penjelasan yang saya letakan pada sebuah kitab yang berisi nasihat-nasihat seorang alim, yang luas ilmu pengetahuannya, seorang hafidz, yaitu Syekh Shihabuddin Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad As Syafi`I , yang terkenal dengan nama Ibnu Hajar Asqalany dan Al Mishri, semoga Allah memasukkannya ke dalam rahmat-Nya, Amin .


وَسَمَّيْتُهُ نَصَائِحَ الْعِبَادِ فِىْ بَيَانِ اَلْفَاظٍ مُنَبِّهَاتٍ عَلَى الْإِسْتِعْدَادِ لِيَوْمِ الْمَعَادِ .

Saya beri judul kitab ini, Nasaihul Ibad, berisi ucapan-ucapan yang dapat meningkatkan (kita) akan persiapan untuk hari kiamat .


وَاَسْئَلُ اللهُ اْلكَرِيْمَ اَنْ يَنْفَعَ بِهِ الْمُسْلِمِيْنَ وَاَنْ يَجْعَلَهُ دَخِيْرَةً اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ آمِيْنِ .

Dan saya memohon kepada Allah yang Maha Pemurah, semoga Allah memberi manfaat dengan sebab kitab ini kepada kaum muslimin dan semoga Allah menjadikannya sebagai simpanan di hari kiamat .


Artikel Terkait

No comments:

 
;